in

6 Hal Yang Membedakan Trader Profesional dan Amatiran

Menjadi seorang trader profesional merupakan idaman para trader dunia. Namun, untuk menjadi seorang pro dibutuhkan ilmu trading, kemampuan analisa, pengalaman, insting dan banyak hal lainnya dengan baik. Karena itu, menjadi pro dalam trading tidak bisa dilakukan dalam semalam. Karenanya Anda dapat mengetahui apa saja yang membedakan trader profesional dan amatiran.

Trader amatiran merupakan tahapan awal setiap trader. Biasanya ini disebut juga dengan pemula. Namun, pertanyaan berikutnya apakah trader tersebut dapat naik kelas menjadi seorang pro? Jawabannya tidak semua mampu melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, dengan mengetahui hal ini Anda bisa melihat apa saja yang perlu dilakukan agar sebagai trader dapat naik tingkat menjadi seorang profesional di bidang trading.

Beberapa Hal Yang Membedakan Trader Profesional dan Amatiran

1. Tingkat Fokus

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran yang pertama adalah tingkat fokus ketika melakukan trading. Seorang profesional akan fokus melakukan trading 100% dan memperhatikan grafik trading dengan seksama. Biasanya ia akan memiliki monitor sendiri yang berisikan berita ekonomi ataupun politik yang berkaitan dengan tradingnya. Jadi, seorang profesional akan selalu fokus agar keuntungan yang diperolehnya menjadi maksimal.

Seorang trader amatiran biasanya kurang fokus saat trading. Ia trading sambil nonton Youtube, sosmed-an nonton tv yang tidak berkaitan dengan trading dan lainnya. Hal ini tidak salah jika ingin mencari selingan. Namun, cara ini sangat mudah membuat Anda merugi karena salah membaca tren pasar.

2. Menyia-nyiakan Waktu

Seorang profesional memiliki rencana trading yang tertata dengan baik. Dengan demikian, ia akan fokus pada jenis aset tertentu dan fokus pada grafik chart di aset trading tersebut. Namun seorang amatir akan sering ganti-ganti aset sehingga tampilan chartnya akan berubah-ubah.

Hal ini tidak disarankan karena Anda tidak bisa fokus dan dapat meningkatkan stres karena harus mengawasi berbagai jenis aset. Ha ini juga dapat menghambat Anda dari melakukan analisa yang baik sehingga peluang kerugian menjadi tinggi.

3. Terlalu Sombong Saat Menang Beruntun

Sombong

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran yang berikutnya adalah tingkat ego ketika menang beruntun. Seorang amatiran akan jumawa ketika menang banyak dan mulai sombong. Hal ini dilakukan dengan tidak belajar analisa lagi, sehingga kemampuannya tidak meningkat.

Namun, seorang profesional tidak akan jumawa dan justru semakin bersemangat untuk mengasah ilmu dan analisa tradingnya. Karena ia paham semakin baik ilmu dan analisanya maka keuntungan yang akan ia peroleh akan semakin besar di kemudian hari.

4. Putus Asa Saat Kalah Beruntun

Seorang trader profesional tidak akan putus asa ketika kalah beruntun. Karena ia memakai rencana trading dan manajemen keuangan yang baik sehingga angka kekalahan telah diperhitungkan. Ia kemudian berusaha untuk menutupi kekalahan tersebut dengan terus belajar sambil melakukan analisa pasar dengan lebih baik.

Sedangkan seorang amatiran akan berhenti karena analisa yang dipakai tidak baik dan sudah kehabisan modal. Inilah hal yang sangat membedakan antara trader profesional dan amatiran.

5. Terlalu Memikirkan Kekalahan

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran berikutnya adalah bagaiman mereka menanggapi kekalahan. Seorang profesional tidak akan terguncang dengan satu kekalahan. Karena mereka yakin hal ini tidak akan mengganggu karir tradingnya untuk jangka panjang. Justru ia akan belajar agar dapat trading lebih baik.

Namun, seorang amatiran akan mudah putus asa dan merasa tidak memiliki bakat. Padahal sebagai trader kekalahan merupakan hal yang wajar.

6. Kebutuhan Akan Uang

Hal yang membedakan trader profesional dan amatiran berikutnya kebutuhannya akan uang. Seorang trader pro akan menjadi trading sebagai pekerjaannya sehari-hari yang membutuhkan perhatian, usaha dan kerja keras untuk sukses. Sedangkan trader amatir akan menganggap trading sebagai cara cepat memperoleh uang, padahal mindset seperti ini dapat menjebak dan bisa membuat Anda rugi lebih baik daripada yang diperoleh.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Written by Bintang Indah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

7 Situasi Untuk Tidak Melakukan Trading

Daftar Broker Forex Resmi Di Indonesia