in

3 Aturan Yang Harus Diikuti Oleh Trader Profesional

Menjadi seorang trader dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Namun, untuk menjadi seorang profesional dalam trading tidaklah mudah. Karena dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk memperolehnya. Namun, terdapat beberapa aturan yang harus diikuti oleh trader profesional selama ini. Jika Anda mengikuti hal ini, maka menjadi seorang profesional trader bukanlah khayalan lagi.

Aturan yang ada di bawah ini mungkin telah dikenal dengan baik oleh Anda. Namun, tidak ada salahnya hal ini dibahas kembali terutama bagi trader yang belum mengetahuinya. Karena hal ini akan memberi efek baik kepada mereka sehingga dapat melakukan trading dengan lebih baik.

Beberapa Aturan Yang Harus Diikuti Oleh Trader Profesional

1. Memiliki Ilmu Yang Mumpuni

Aturan yang harus diikuti oleh trader profesional

Aturan yang harus diikuti oleh trader profesional adalah memiliki ilmu trading yang mumpuni. Karena tanpa ilmu yang tepat maka trading Anda percuma. Tentu ilmu ini mencakup cara memakai tools, indikator serta metode analisa yang digunakan.

Selain itu Anda harus jeli membaca pergerakan pasar melalui berita ekonomi ataupun politik di suatu negara. Karena dua hal ini memberikan dampak besar pada perekonomian dunia. Hal ini akan berperan vital jika Anda bermain forex, saham dan komoditi. Oleh karena itu, mulailah belajar cara membaca pasar tersebut baik dari buku atau les.

Para ahli banyak menyarankan untuk memiliki mentor yang merupakan trader ahli dan berpengalaman. Karena dari mentor tersebut Anda bisa memperoleh banyak ilmu baik itu teknikal ataupun fundamental. Ilmu yang ada harusnya Anda kembangkan agar terbentuk cara trading yang paling cocok dengan gaya bermain masing-masing.

2. Memiliki Rencana Yang Baik

Perencanaan

Aturan yang harus diikuti oleh trader profesional selanjutnya adalah memiliki rencana trading yang baik dan diikuti dengan disiplin. Para profesional akan menyusun rencana tradingnya baik itu harian, mingguan ataupun bulanan. Hal ini bergantung pada keinginan masing-masing atau tujuan trading untuk jangka pendek dan panjang.

Rencana ini juga mencakup pemakaian metode, tools serta indikator analisa yang akan digunakan. Anda juga harus membuat rencana untuk trading pada jenis aset apa saja, berapa banyak dana yang di anggarkan serta berapa banyak kuantitas trading tersebut.

3. Risk and Money Management

Aturan yang harus diikuti oleh trader profesional

Aturan yang harus diikuti oleh trader profesional yang ketiga adalah menerapakan manajemen keuangan dan risiko dengan ketat. Dua hal ini akan membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa trading rentan terhadap kerugian yang besar namun untungnya juga sangat banyak (high risk high return). Namun, Anda dapat meminimalisir hal ini dengan menggunakan manajemen keuangan serta risiko.

Salah satu cara menerapkan hal tersebut adalah dengan menentukan besaran dana yang dipakai setiap kali melakukan trading, berapa kali harus melakukan trading baik itu harian, mingguan atau bulanan. Selain itu, Anda menentukan stop loss atau trailing loss yang baik berdasarkan analisa yang telah dilakukan sebelumnya.

Setelah menerapkan dua hal ini maka keuntungan dan kerugian yang diperoleh dapat dihitung dengan baik. Jika hal ini diterapkan terus menerus maka Anda akan memperoleh keuntungan besar untuk total trading yang dilakukan.

Itulah tiga aturan yang harus diikuti oleh trader profesional. Tentunya masih banyak lagi aturan-aturan tersebut. Namun, tiga hal ini merupakan hal yang paling mendasar dan berperan besar pada trading Anda untuk jangka panjang. Oleh karena itu, jangan pernah abaikan hal ini.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Written by Bintang Indah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

5 Alasan Utama Untuk Memakai Broker Dalam Negeri

7 Situasi Untuk Tidak Melakukan Trading